Membuat Baterai Ponsel Tahan Lama

30 Mei 2012 pukul 18:11 | Ditulis dalam Tak terkategori | Tinggalkan komentar

Sekarang ini semua orang pasti memiliki ponsel, dari mulai anak TK sampai orangtua. Dulu orang hanya punya satu ponsel, sekarang minimal satu orang memiliki dua. Komunikasi menjadi hal yang sudah tidak sulit lagi, kita bisa ngobrol dan SMS, bahkan sekarang BBM-an dengan menggunakan Blackberry, dengan siapa saja dan kapan saja, dan di mana saja. Masalahnya adalah bagaimana jika baterai ponsel kita itu cepat habis, padahal kesibukan menuntut kita untuk selalu dapat dihubungi. Sebelum itu terjadi, kita harus dapat mengantisipasi hal itu dengan cara memelihara baterai ponsel tersebut agar tahan lama dan tidak cepat habis. Di bawah ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga baterai ponsel supaya tahan lama:

Jangan memakai fungsi getar.
Supaya baterai ponsel tidak cepat habis, matikan fungsi getarnya. Fungsi getar sangat cepat menghabiskan daya baterai jika dibandingkan dengan menggunakan suara ringtone. Anda bisa mengeceknya dengan menghitung berapa lama baterai Anda bisa bertahan jika memakai getar dibandingkan menggunakan ringtone dalam sehari.

Jangan memakai bluetooth.
Jika tidak sedang memerlukannya, matikan fungsi bluetooh. Jika ingin mendengar musik, sebaiknya gunakan headset dengan kabel daripada dengan bluetooth. Pakai bluetooh jika Anda harus berkendara atau naik motor, selebihnya cukup memakai headset.

Jangan sering mengunduh.
Kalau Anda membutuhkan aplikasi-aplikasi baru, jangan unduh satu-satu, melainkan sekaligus saja semuanya sehingga Anda tidak terlalu sering melakukan unduhan. Kumpulkan dulu aplikasi yang ingin Anda diunduh, dan unduh semuanya sekaligus, setelah itu tidak usah mengunduh lagi, kecuali memang ada aplikasi yang harus diunduh.

Jangan diam saja kalau tidak ada sinyal, restart ulang.
Salah satu hal yang membuat baterai cepat habis adalah jika ponsel Anda tidak mendapatkan sinyal. Saat tidak mendapat sinyal, ia akan terus mencari sinyal dan karena itu terus bekerja, maka daya baterai yang dipakai lebih banyak. Jika sinyal tidak ada, sebaliknya restart ulang ponsel Anda agar sinyal lebih mudah ditangkap. Jika masih belum dapat sinyal, lebih baik matikan ponsel Anda untuk diistirahatkan supaya ponsel bisa bekerja secara maksimal saat dihidupkan kembali.

Jangan memakai latar belakang yang bergerak.
Untuk gambar latar belakang ponsel, sebaliknya gunakan gambar dengan format jpg daripada gambar gerak (animasi) yang biasa berformat gif. Dengan gambar bergerak, ponsel Anda harus bekerja keras dua kali lipat dan menghabiskan baterai lebih cepat.

Jangan mengisi baterai dengan ponsel yang masih menyala.
Ketika mengisi baterai, lebih baik ponsel dalam keadaan mati. Kondisi ponsel dalam keadaan mati membuat baterai menyerap daya lebih cepat dan pengisian terjadi dengan sempurna. Dalam keadaan mati, lama pengisian biasanya kira-kira 2 jam. Biasakan mengisi baterai jika ponsel sudah membunyikan tanda harus diisi. Jangan mengisi baterai yang masih ada dayanya karena itu akan membuat penumpukan daya pada baterai yang akan membuat baterai mengalami penurunan kapasitas dalam menyerap daya.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: