cara memperbaiaki trackpad bb

1 Juli 2012 pukul 21:00 | Ditulis dalam Tak terkategori | Tinggalkan komentar
>>Cara Memperbaiki Trackpad BlackBerry<<
Tombol navigasi sangat vital bagi ponsel, apabila terjadi kerusakan maka itu masalah besar bagi penggunanya. Dahulu tombol navigasi hanya berupa arah atas, bawah, kiri dan kanan. Tetapi dalam perkembangan saat ini untuk mempermudah navigasi maka diganti dengan trackball. Pertama kali muncul trackball memiliki masalah dengan sangat rentannya akan kotoran yang masuk di dalamnya. Akhir ini muncul pengganti trackball yaitu Trackpad yang jauh lebih aman dari pada trackball. Trackpad berfungsi sebagai piranti penunjuk (pointing device) dan juga navigasi.
Pertanyaannya bagaimana apabila Trackpad mengalami masalah, sedangkan penggunaanya sangat vital ? Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang perbaikan Trackpad alangkah lebih baiknya anda membaca lebih dahulu “Konsep Kerja Trackpad“.
Setelah anda membacanya dan mengerti cara kerja Trackpad ada beberapa komponen yang harus anda perhatikan yaitu S802 yang merupakan konektor dari Trackpad, U808 sebagai regulator penghasil tegangan kerja, FL807 sebagai filter analisistis, dan yang terakhir adalah U811IC sebagai buffer data digital.
Saat memulai perbaikan Trackpad BlackBerry anda perlu memeriksa ke empat komponen diatas dan juga memeriksa jalur yang menghubungkan ke processor utama.
Jika anda mengganti komponennya tetapi masalah belum terselesaikan maka anda harus memeriksa jalur penunjang yang menghubungkan pada TrackPad pada rangkaian di PCB utama.
Trackpad BlackBerry
Skema BlackBerry TrackPad
Pada pengukuran jalur sangat mudah anda lakukan, anda cukup menggunakan test point, sehingga kita dapat mengetahui jalur yang keadaan baik atau sebaliknya dalam keadaan tidak baik / terputus, biasanya sebuah jalur yang putus dikarena komponen filter analistis yang rusak menyebabkan jalur terputus.
Setelah anda memastikan seluruh komponen dan jalur dalam keadaan baik yang terakhir kita akan memeriksa jalur menuju processor utama.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: